Seputar Manajemen Produksi di sebuah penyelenggaraan Event (Event Production Manager series)

Halo gaes.. apakabarnya.. semoga di tahun 2023 ini teman-teman semua semakin baik bisnisnya. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan Dewan Industri Event Indonesia (IVENDO) pada akhir Desember 2022 sampai minggu pertama Januari 2023, dapat disimpulkan bahwa subsektor industri event sudah kembali bergeliat sepanjang tahun 2022.

Pada artikel kali ini, kita mencoba untuk membahas salah satu profesi yang penting di dalam sebuah penyelenggaraan event, yaitu Manajer Produksi (Production Manager), teman-teman juga dapat menyampaikan pendapatnya dalam konteks diskusi untuk berbagi wawasan diantara kita.

Beberapa perusahaan penyelenggara event sering mengesampingkan manajemen produksi, atau dianggap tidak terlalu penting. Padahal perusahaan dapat melakukan efisiensi dari biaya produksi yang relatif cukup besar, sehingga produktifitas lebih meningkat, operasional lebih lancar, optimal dan efektif, termasuk aspek keselamatan, baik untuk orang, barang dan keberlangsungan event secara keseluruhan, yang dampak risikonya sangat besar, baik pada risiko finansial maupun citra perusahaan.

Dari sebutan jabatan Manajer Produksi artinya seorang Manajer Produksi haruslah menguasai manajemen dan menguasai produksi. Manajemen merupakan sebuah proses pengambilan keputusan yang terkait dengan Perencanaan (planning), Pengaturan (organizing), Pengarahan dan Pengendalian (directing and controlling), dan tentu dilengkapi dengan Evaluasi. Produksi, merupakan suatu kegiatan yang bertujuan menambah nilai guna suatu barang maupun jasa sesuai kebutuhan penyelenggaraan event, seperti spesifikasi dan disain, jumlah (barang atau bahan, tenagakerja, peralatan pendukung), tenggat waktu, dan termasuk aspek biaya. Jadi, persoalan produksi tidak hanya pada bagaimana mendapatkan/ membeli/ menyewa komponen produksi semurah mungkin dari supplier.

 

Keahlian dan Keterampilan Wajib yang harus dimiliki oleh seorang Manajer Produksi Acara :

  1. Memiliki keterampilan teknis yang mumpuni terkait barang dan bahan produksi, peralatan produksi, dan perlengkapan pendukung/ mesin dan alat kerja. Kuranglah professional bila seorang Manajer Produksi tidak memiliki keterampilan teknis.
  2. Memiliki keterampilan organisasi dan efisiensi, artinya Manajer Produksi harus mampu membuat dan mengatur struktur di dalam divisi produksi secara tepat dan efisien, dan mampu bekerjasama yang baik dengan divisi lain di dalam organisasi.
  3. Memiliki jiwa kepemimpinan (leadership) yang kuat dan baik, agar dapat mengkoordinasikan tim produksinya untuk memperoleh kinerja yang sesuai dengan target yang ditetapkan Project Manager dan atau perusahaan.

MK 05 Seputar Manajemen Produksi Production Manager series 02

MK 05 Seputar Manajemen Produksi Production Manager series 03

MK 05 Seputar Manajemen Produksi Production Manager series 04

Bagaimana cara memahami dan mampu mempraktekan manajemen produksi secara tepat ?

MK 05 Seputar Manajemen Produksi Production Manager series 05

Akan kita lanjutkan diskusi kita pada seri berikutnya ya..

 

(Penulis : Mulkan Kamaludin, owner Intro Event Solution, www.introevent.com email : mulkan.intro@gmail.com)